Saturday, May 10, 2008

Ithrati atau Sunnati?
Hadith "Al-Qur’an wa-Ithrati atau Sunna-ti?"
(Dipetik dari buku “Sunnah Syi’ah Dalam Dialog” oleh al-Marhum Ustadz Husein al-Habsyi,
Yayasan Ats-Tsaqalain, 1991, hlm. 37-49)

Mahasiswa: Kami pernah mendengar satu Hadits tetapi ada dua pengakuan terhadap hadits ini, dan hadith tersebut tersebut adalah Hadits Tsaqalain yang menyebutkan tentang Kitabullah wa Sunnah- ti mohon penjelasan?

Ustadz Husein: Sebenarnya hal itu ada dua Hadits yang satu menurut jalur Ahiul Bait atau lmamiyah yang berbunyi sebagai berikut:
“Aku tinggalkan pada kalian dua pusaka yang berharga, Al-Qur’an dan Ithrah Ahli Baiiku, kalau kalian berpegang teguh pada keduanya kalian tidak akan sesat."

Menurut Syi ‘ah lmamiyah hadits tersebut hampir dikatakan mutawatir, bukan hanya shahih saja. Kalau hadits ini kita tinjau dan kitab-kitab standard kita Ahlus sunnah (Muslim, Kitab Fadhoilus Sohabah Bab Fadhail Ali, Turmudzy Juz 2, ha. 308, Mustadrak al-Hakim Juz 4, ha. 48, 109, Musnad Ahmad Juz 3, hal. 17, Nasa’i Kitab Khosois Imam Ali) maka kita menganggap hadits ini yang menye¬butkan “Ithrati”, kita Ahlussunnah menganggap¬nya shahih. Hampir semua kitab hadits meriwa¬yãtkan hadits Ithrah ini kecuali Bukhari. Imam Muslim meriwayatkannya dalam Kitab Fadhoil Ahiul Bait; Imam Turmudzy, An-Nasa’i dalam kitabnya Al-Khoshois, dan Ahmad dalam Mus¬nadnya, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak, Kanzul Ummal, Ath-Thobakot dll. Dan juga di dalam tafsir-tafsir: Ibnu Katsir, Jama ‘ul Ushul dan lain-lain.

Jadi kita Ahlus Sunnah sendiri menganggap hadits ini shahih. Sedangkan hadits serupa tetapi menyatakan kitabullah wa sunnati dan itu pun hanya terdapat pada dua jalur saja. Kita Ahlus Sunnah membenarkannya dan tidak mahu mengambil yang lain yakni kitabullah wa ithrati pa¬dahal hadits itu lebih kuat dan lebih banyak,[19] tetapi hanya “kitabullah wa sunnati” yang dipakai.

Hadits kitabulah wa sunnati rasulihi maksudnya ialah “Kami meninggalkan dua hal bagimu, Kitab Allah dan Sunnahku, Hadits ini menurut kita Ahlussunnah shahih dan bahkan kita berpegang dengannya.

Namun bagi Imamiyah yang saya anggap mereka itu teliti sekali, mengatakan bahwa justru hadits wa sunnati ini tidak tepat dan tidak sesuai dengan keadaan serta kenyataan di saat itu (Lihat Kitab: Li akuna ma ‘ashodiqin oleh Mu¬hammad At-Tijani As-Samawi).

Menurut kenyataan sejarah, Nabi melarang sahabat menulis hadits Beliau. Sayyidina Abu Bakar, Umar dan Utsman pun melarang menulisnya sehingga sunnah Nabi yang merupakan ucapan Beliau, pengakuan suatu tindakan yang dilakukan sahabat atau ikrarnya, kemudian perbuatan Beliau sendiri. Ketiga-tiganya itu tidak pernah terbukukan sebab ada larangan.[20]
Walaupun larangan itu oleh sebagian golongan sebagai sesuatu yang naif sebab dikatakan khawatir bercampur aduk dengan Al-Qur’an. Hal ini saya kira mustahil sebab Allah telah berjanji akan memelihara Al-Qur’an itu dari segala gangguan dan juga bahasa Al-Qur’an itu dan sastranya demikian indah dan jauh berbeda dengan hadits.
Kalau orang Arab apalagi yang hadir di zaman Nabi khususnya yang muslim, tidak mungkin keliru atau salah membedakan antara hadits Rasulullah Saww dan Al-Qur’an.
Oleh karena itu konon diriwayatkan bahwa Nabi tidak pernah mengajarkan sunnahnya.[21] Jadi bila Nabi bertindak atau bersabda maka saha¬bat mencatatnya. [22] Tetapi kadangkala tidak Semua sahabat hadir pada waktu itu sehingga kadang-kadang satu sunnah Nabi hanya disaksikan oleh seorang sahabat saja. Sehingga banyak sahabat misalnya tidak faham tentang cara tayammum. [23] Ada sahabat yang tidak tahu bagaiman cara mengusap sepatu dalam berwudhu, sebab mereka tidak melihat Rasulullah SAW berbuat demikian. Jadi praktis yang terbukukan waktu itu yang berwujud kitab hanyalah Al-Qur’an. [24]
Oleh kerana itu Nabi bersabda: “Aku tinggalkan padamu Kitab Allah dan Itrahku.” Kalau sunnah Beliau benar-benar tidak tercatat, tidak mungkin orang berpegangan dengan sesuatu yang tidak ada (belum berwujud saat itu).
Ketika Nabi sedang sakit keras dan beliau minta kerta dan tinta sebagaimana yang telah diriwayatkan Bukhari [25]. Untuk menuliskan wasiat. Namun Saidina Umar menjawab: “Ya Rasulullah: Cukup bagi kami Al-Qur’an. Dengan susunan kalimat Saidina Umar ini – “yakfina Kitabullah” – dan sama sekali tidak menyebut Sunnah, bererti - kalau kita mahu jujur dan berprasangka baik – Saidina Umar tidak akan berpegang dengan Sunnah yang memang waktu itu belum tercatat dan belum terbukukan.
Jadi Saidina Umar bukan menolak Sunnah – walaupun ada orang Syi’ah yang radikal mengatakan Umar menolak Sunnah, jadi termasuk ingkar sunnah – tetapi sebahagian lain ,mengatakan tidak demikian, sebab Umar pada waktu itu belum melihat adanya sunnah sehingga dia bilang “cukup al-Qur’an”, kemudian sunnahnya bagaimana?
Sunnahnya tentunya apa-apa yang ada di dada mereka, yang mereka ingat. Dan ini relatif tidak bisa lagi yang memimpin tidak “allround”(menguasai sepenuhnya) dalam menghafal semua sunnah. Kerana itu dengan prasangka yang baik kita harus menganggap bahawa – waktu itu sunnah belum terbukukan - Jika umpama sunnah waktu itu sudah (terbukukan) maka kita bisa menghukum Saidina Umar kafir, kerana dia menolak sunnah.Oleh kerana sunnah belum ada maka Umar berpegangan dengan apa yang sudah ada yakni al-Qur’an.
Alasan ialah ketika Nabi SAW masih hidup, Beliau tidak pernah mengajarkan sunnahnya pada ummatnya tetapi Beliau hanya mengajarkan al-Qur’an. [26].
Jadi yang dikatakan sunnah adalah ucapan Beliau dan lain-lainnya itu belum ada yang mencatat (membukukan)nya dan belum terdaftar oleh semua sahabat. Kadangkala sebagaimana yang telah saya katakan tadi sunnah itu hanya didengar oleh seorang sahabat saja. Jadi Nabi tidak mengajarkan sunnah itu.
Sunnah baru dibukukan dan ingatan para sahabat kira-kira satu abad setelah Nabi Saww wa¬fat. Tepatnya di zaman bani Abbas.
Perbedaan pendapat antara sahabat tentang memerangi kaum murtad di zaman khalifah Abu Bakar adalah salah satu bukti bahwa sebagian sa¬habat lupa akan sunnah Nabi yang belum terbukukan saat itu.
Peristiwa peperangan dengan kaum Riddah atau kaum murtad yang terjadi pada bulan-bulan pertama masa pemerintahan Abu Bakar yaltu menghadapi orang-orang yang menolak mengeluarkan zakat. Abu Bakar memutuskan untuk memerangi mereka dan Umar sedianya menolak de¬ngan alasan mereka itu tetap mengucapkan sya¬hadat, tetapi akhirnya Umar setuju. Pada awal¬nya Umar berdalil untuk menentang tindakan Abu Bakar, akhirnya karena kuat dan kerasnya pendirian Abu Bakar maka Umar tertarik dengan pendirian Abu Bakar dan diserbulah Ahli Riddah (yang tidak mau membayar zakat) itu
Andaikata sunnah Nabi pada waktu itu su¬dah dibukukan tentu kedua sahabat besar ini ti dak akan lupa akan peristiwa yang disaksikan oleh kedua beliau itu sendiri dan mereka tahu bahwa kejadian itu sampai turun ayat Al-Qur¬‘an: “Yaitu peristiwa Tsa ‘labah.”
Tsa’labah adalah salah seorang sahabat yang tidak mau mengeluarkan zakat di zaman Nabi dan dihadapi oleh Nabi sendiri sampai ada ayat yang turun karena peristiwa itu, namun terhadap Tsa’labah ini Nabi tidak membunuhnya. Jadi membunuh orang yang tidak mengeluarkan zakat tidak cocok dengan sunnah Nabi pada waktu itu. Tidak ada sahabat yang tidak tahu tentang masa¬lah Tsa’Iabah ini, termasuk sahabat Abu Bakar dan Umar. Hal ini, menunjukkan bahwa sunnah Nabi tidak terbukukan, kalau memang terbukukan tentunya mereka akan merujuk ke sunnah itu.
OIeh karena itu hadits yang menyebut “wa sunnati” itu menurut mereka tidak bisa dipastikan benar. Selain itu ada beberapa alasan yang terbaca oleh kita dalam hadits-hadits baik dari amalan-amalan sahabat yang bertentangan dengan sunnah Nabi andaikata mereka tahu, nisca¬ya tidak akan mereka lakukan dan kita tidak be¬rani mengatakan bahwa mereka sengaja bertindak dengan ijtihad sedangkan nash ada tetapi mungkin saja mereka ijtihad karena sunnah tidak ada atau tidak terdaftar, sedang yang bersangku¬tan tidak ingat sunnah itu. Jika mereka benar-be¬nar tidak tahu tentang sunnah beliau dalam beberapa masalah maka bagaimana Nabi memesankan agar berpegangan dengan sunnah yang belum ada itu?
Setelah lama Rasulullah Saww wafat baru sunnah Nabi itu terbukukan. Orang yang perta¬ma membukukannya adalah Imam Malik dan pembukuan tersebut dilaksanakan setelah teijadi¬nya peperangan Jamal, perang Siffin dan perang Nahrawan dan juga setelah peristiwa Al-Harra di mana ketika itu Madinah Rasulullah Saww dibuka bagi kaum angkara murka. Banyak sahabat yang terbunuh dalam peperangan-peperangan dan peristiwa itu. Ummat Islam saat itu terpecah menjadi dua kelompok:
Kubu Ali dan keluarga Nabi Saww dan kubu sahabat-sahabat pada umumnya. Yang lebih pa¬rah lagi adalah perpecahan antara kubu Ali dan Muawiyah. Para perawi yang ada mendekati Muawiyah, dan oleh Imamiyah hadits-hadits me¬reka tidak dipakai.
Jadi hadits “Wa sunnati” menurut Imainiyah tidak ada, yang ada hanya hadits “Wa ithrati, hal ini bisa dipertanggungjawabkan oleh kita Ahlussunnah maupun oleh mereka kaum Syi ‘ah.
Dalam hadits “Wa itrati” Nabi Saww seakan¬akan menyatakan, “Qur’an itu kutinggalkan atau kitabullah itu saja yang aku tinggalkan padamu, adapun mengenai pelaksanaannya yaitu manda¬torisnya adalah Ahlul Bait dalam arti keseluruhan.”
Oleh karena itu, Ali oleh Imamiyah diang¬gap sebagai sahabat yang paling alim dan hal ini sudah diaksiomakan di zaman Abu Bakar, Umar dan Utsman. Ketiga sahabat ini kalau menghadapi suatu masalah pasti pergi menjumpai Ali dan bertanya kepadanya. Nabi bersabda:
“Aku kotanya ilmu dan Ali adalah pintunya. “[27]
Karena itu menurut Syi’ah, lebih aman ber¬pegang teguh kepada Itrati. Ahlussunnah juga meriwayatkan “Wa itrati” dan Syi'ah Imamiyah juga meriwayatkan hadits “wa itrati”, jadi kita menemukan titik temu dengan Syi 'ah dalam ma¬salah ini walaupun antara kita dan mereka mem¬punyai jalur masing-masing. Adapun “wa sun-nati!" hanya ada pada jalur kita dan itupun hanya dua atau tiga jalur. Karena itu Syi 'ah menolaknya dengan alasan-alasan sebagaimana yang te¬Iah saya paparkan yakni pada waktu itu sebelum dibukukan atau belum ada.
Mahasiswa: Sebenarnya jawaban Ustadz tadi cukup jelas dan gamblang. Secara pribadi, saya bisa menjawab mana yang lebih shahih dan yang lebih bisa diterima antara hadits “Sunnati” dan “Itrati”. Namun saya ingin mendapat penjelasan yang lebih pasti dari Ustadz. Yakni mana yang lebih shahih, hadits “Sunnati” atau “Itrati”?
Ustadz Husein: Saya sendiri menganggap bahwa kedua pendapat Sunnah dan Syi 'ah itu su¬dah cukup jelas. Kalau pendapat Imamiyah “Wa sunnati” tidak mungkin diucapkan oleh Nabi Se¬bab Nabi tidak akan mungkin meninggatkan se¬suatu yang tidak berwujud (konkrit) atau lengkap.
Nabi hanya meninggalkan sesuatu yang kon¬krit yaitu A1-Qur’an. Jadi para sahabat walaupun yang buta huruf tidak bisa baca A1-Qur’an, ke¬mudian mereka memerlukan satu ayat, mereka bisa bertanya kepada orang-orang yang hafal (huffadz), tetapi masalah sunnah mereka memer¬lukan keterangan dan waktu itu tidak ada satu pun kitab yang bisa dijadikan rujukan oleh mere¬ka, sedangkan mereka memerlukan sunnah itu. Karena, pada waktu itu sunnah terpencar-pencar di dada para sahabat dan tidak semua sahabat hadir ketika Nabi mengucapkan sesuatu, maka sulit kita percaya bahwa Nabi meninggalkan sesuatu yang belum konkrlt, masih abstrak, yang masih diingat oleh satu orang sedang orang lain tidak ingat. Nabi tidak meninggalkan barang seperti itu tetapi Beliau meninggalkan Al-Qur’an.[28]
Bahkan kalau saya tidak salah, Bukhari sendiri menyatakan ketika ditanya apakah Nabi mening¬galkan wasiat atau tidak, Nabi hanya mewasiat¬kan Kitabullah (tanpa wa sunnati)! Saya kira ri¬wayat Bukhari ini lebih tepat dipegangi oleh Ah¬lussunnah.
Nota kaki:
19)Jalur (sanad) hadits kitabullah wa ithrati -- mencapai 60 jalur ebih dan sudah disepakati keshahihannya oleh Ulama-ulama AhIi Sunnah wal Jamaah. Jbnu Hajar berkata dalam buku Showaiq Al¬-Muhriqah:“Ketahuilah, bahwa hadits tsaqalain memiliki banyak Jalur yang dating dari 20 sahabat. Sekali Beliau SAWW mengucapkan di Padang Arafah juga pernah di Ghadir Khum, di kamar Beliau ketika sedang sakit yang membawanya wafat, ketika pulang dan Thaif semuanya tidak ada pertentangan saW sama lainnya, pengulangan itu menunjukkan betapa perhatian Beliau kepada Al-Qur’an dan A!-lthrah. Adapun Hadits wa sunnati hanya diriwayatkan oleh dua atau tiga Ulama di antaranya Imam Malik dalam Muwa:hanya, Ath-Thabari dalam Musnad Kabirnya dari Ibnu Hisyam dalam buku Sirahnya. Untuk lebih jelasnya lihat buku Hadits Tsaqalain yang diterbitkan oleh kelompok pendekatan antar Madzhab “Dar At Taqrib”.
20)Nabi bersabda: “Janganlah kalian menulis apa-apa kuucapkan selain Al-Quran, maka a harus menghapusnya. (Sunan Ad¬Darimy Muslim — Ahmad - Turmudzy - dan Nasa’i - dan Sahabat Abu Sa’id Al-Khudri.
21)Kitab Li Akuna Ma’ashshodiqin oleh: Muhammad At-Tijani As-Samawi.
22)Larangan penuliaan itu dianggap oleh sementara golongan sebagai suatu hal yang tidak tepat, mereka meragukan keshahihan hadits larangan Itu, sebab telah diriwayatkan bahwa Nabi justeru memerintahkan penulisan hadits-haditsnya dan sahabat-sahabat pun mencatat semua yang beliau ucapkan. Bukhari meriwayatkan maka datang seorang diri penduduk Yaman dan berkata: Tuliskan buatku ya Rasulullah! Nabi bersabda: "(Wahai sahabatku) tuliskan buat si Pulan itu (Kitabu Ilm bab Kitabatul Ilm Juz J hal. 23). Diriwayatkan dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya berkata, saya berkata: “Wahai Nabi apakah semua yang kau ucapkan perlu saya tulis? Nabi menjawab: “Ya”. Saya berkata, dalam keadaan ridha dan marah? Nabi menjawab: “Ya”, karena sesungguhnya aku tidak rnengucapkan kecuali yang benar.” (Sunan Turrnudzy Juz 5 hal. 39 kitabul urn bab Maja’afi arrukhsoh fihi).
23)Bukhan Kitabut Tayammum Juz 1 hal. 70, Al-Muhalla, Ibnu Hazm Juz 1 hal 339 cet. Matba’ul Imam (Mesir).

24)Nabi setiap turun atasnya ayat-ayat Al-Quran, memerintahkan pads para penulis wahyu utnutk mencatatnya dan disimpan di rumah beliau setelah diadakan pengoreksian dengan mencocokkan antara penulisan dengan bacaannya.
25)Diriwayatkan dari lbnu Abbas RA ía berkata: Ketika Nabi sakit keras beliau berkata “Berilah aku selembar kertas aku akan tulis wasiat niscaya kamu tidak akan sesat setelahku nanti, Umar berkata Nabi terlalu parah sakitnya sehingga tidak terkontrol ucapannya dan kits sudah punya Kitabutlah Al-Qur’an — cukup bagi kami Kitabullah, lalu ributlah penghuni kamar beliau sehingga Beliau mengusir mereka dan berkata: “Pergilah kalian dariku, tidak sepantasnys tenjadi keributan di hadapanku.” Ibnu Abbas berkomentar: “Bencana terbesar adalah terhalangnya Nabi dari penulisan wasiat itu. (Bukhari Kitabul ilm bab Kitabatul ilm Juz I hal. 33).
26)Kitab Li Akuna Ma’ashodiqin, oleh: Muh. At-Tijani As-Samawi.
27)Mustadrok Al-Hakim Juz 3 hal. 126 dan a mengatakan bahwa hadits itu shahih. Tarikh Baghdad oleh Al-Kathib A1-Baghdadi Juz 4 hal. 34 mengatakan bahwa hadits itu shahih. Ushul Ghobah oleh lbnu Al-Atsir Juz 4 hal. 22, Tadzibudtahdzib oleh Ibnu Hajar juz 7 hal. 427.
28)Dalam shahih Bukhari ada sebuah hadits riwayat dari Thalhah bin Masyraf yang mengatakan bahwa beliau bertanya kepada Abdullah bin Abi Aufa: “Apakah Nabi pernah berwasiat? Abdullah bin Abi Aufa menjawab: ~Tidak”. Kemudian Thalhah bertanya:Bagaimana beliau menyuruh orang lain agar berwasiat sedangkan beliau sendiri tidak melakukannya? Dijawab oleh Abdullah: Beliau mewasiatkan Kitabullah.’ Bukhari Juz 3 hal. 168.

Munajat Para Pecinta Allah

ﺍﻠﺭﺤﻤﻥﺍﻠﺭﺤﻴﻡ ﺍﻠﻠﻪ ﺒﺴﻡ

“Dengan Asma Allah yang Mahakasih dan Mahasayang”

  1. Ilahi

Apakah orang yang telah mencicipi manisnya cinta-Mu akan menginginkan pengganti selain-Mu

Apakah orang yang t’lah bersanding di samping-Mu akan mencari penukar selain-Mu

  1. Ilahi

jadikan kami di antara orang yang kaupilih untuk pendamping dan kekasih-Mu

yang Kau ikhlaskan untuk memperoleh cinta dan kasih-Mu

yang Kau rindukan untuk datang menemui-Mu

yang Kau ridokan (hatinya) untuk menerima qadha-Mu

yang Kau anugerahkan (kebahagiaan) untuk melihat wajah-Mu

yang Kaulimpahkan keridoan-Mu

yang Kaulindungi dari pengusiran dan kebencian-Mu

yang Kaupersiapkan baginya kedudukan siddiq di samping-Mu

yang Kauistimewakan dengan makrifat-Mu

yang Kauarahkan untuk mengabdi-Mu

yang Kautenggelamkan hatinya dalam iradah-Mu

yang Kaupilih untuk menyaksikan-Mu

yang Kaukosongkan dirinya untuk-Mu

yang Kau bersihkan hatinya untuk (diisi) cinta-Mu

yang Kaubangkitkan hasratnya akan karunia-Mu

yang Kauilhamkan padanya mengingat-Mu

yang Kaudorong padanya mensyukuri-Mu

yang Kausibukkan dengan ketaatan pada-Mu

yang Kaujadikan dari makhluk-Mu yang saleh

yang Kaupilih untuk bermunajat pada-Mu

yang Kauputuskan daripadanya segala sesuatu yang memutuskan hubungan dengan-Mu

  1. Ya Allah

Jadikan kami di antara orang-orang yang kedambaannya adalah mencintai dan merindukan-Mu nasibnya hanya merintih dan menangis

Dahi-dahi mereka sujud karena kebesaran-Mu

Mata-mata mereka terjaga dalam mengabdi-Mu

Air mata mereka mengalir karena takut pada-Mu

Hati-hati mereka terikat pada cinta-Mu

Kalbu-kalbu mereka terpesona dengan kehebatan-Mu

Wahai yang cahaya kesucian-Nya bersinar dalam pandangan para pecinta-Nya

Wahai yang kesucian wajah-Nya membahagiakan hati pada pengenal-Nya

Wahai kejaran kalbu para perindu

Wahai tujuan cita para pecinta

Aku memohonkan cinta-Mu dan cinta orang yang mencintai-Mu dan cinta amal yang membawa aku ke samping-Mu

Jadikan Engkau lebih aku cintai dari pada selain-Mu

Jadikan cintaku Pada-Mu membimbingku pada rido-Mu

kerinduan pada-Mu mencegahku dari maksiat atas-Mu

Anugerahkan diriku dengan tatapan kasih dan sayang

Jangan palingkan wajah-Mu dariku

Jadikan aku diantara penerima anugerah dan karunia-Mu

Wahai pemberi ijabah

Wahai yang paling pengasih dari segala yang mengasihi

Ya arhamar rahimin.

*Sahifah sajjadiyah Ali zainal Abidin